PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN MINIATUR EKOSISTEM UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR EKOLOGI PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pembelajaran berbasis proyek pembuatan miniatur ekosistem terhadap hasil belajar ekologi pada siswa SMA dan menganalisis efektivitas  pembelajaran berbasis proyek pembuatan miniatur ekosistem dalam mengoptimalkan hasil belajar ekologi pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental dengan menggunakan pola the randomized posttest-only control group design, using matched group dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa (nilai afektif, kognitif, dan psikomotorik), data tanggapan siswa dan guru.  Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji statistik komparasi dan uji ketuntasan belajar klasikal sedangkan tanggapan siswa dan guru dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis proyek pembuatan miniatur ekosistem berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa namun tidak berpengaruh terhadap hasil belajar afektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pembuatan miniatur ekosistem efektif dalam mengoptimalkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik karena memenuhi kriteria efektivitas yaitu sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada kelas kontrol dan eksperimen, 2) nilai kognitif: 91,17 % siswa mencapai KKM, 3) nilai psikomotorik: 100 % siswa mencapai KKM, 4) tanggapan siswa dan guru mencapai kategori sangat baik.
Â
This research aimed to determine the effect of project-based learning of making ecosystems miniature to the ecology learning achievement at high school students and analyze the effectiveness of project-based learning of making ecosystems miniature to optimize the ecology learning achievement at high school students. This research was Quasi Experimental Design. The design of this research was the randomized posttest-only contro group design, using matched group with experimental and control class. Data collected in the form of student learning outcomes (value of affective, cognitive and psychomotor), response data of students and teachers . Student learning outcome data were analyzed using statistical comparative test and classical learning completeness while students and teacher responses were analyzed descriptively percentage. Based on the results of the research, project-based learning of making ecosystems miniature influence students learning achivement on cognitive and psychomotoric but does not affect the affective learning achievement. The results of the research also showed that project-based learning of making ecosystems miniature effective to optimizing cognitive and psychomotoric learning achievement. It was shown by 1) there are differences cognitive and psychomotor learning achievement of students in control and experimental’s class 2) the cognitive scores of 91.17% students reached KKM, 3)the psychomotoric scores 100% students reached KKM, 4) the responses of students and teacher reached very goo category.
References
Andri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran berbasis Proyek terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa kelas x tpm pada Mata Pelajaran menggambar di SMKN 1 jetis mojokerto. JPTM Universitas Negeri Surabaya, 1 (2)
Dunne, R. & T, Wragg. 1996. Pembelajaran Efektif. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Materi Pendampingan Kurikulum 2013. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Purbalaksmi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Seni Rupa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4 : 1-10
Purworini, S. I. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit Of Mind Studi Kasus Di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1(2) : 17-19
Sastrika, I. A. K, I. W. Sadia & I. W. Muderawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol 3
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Wiyarsi, A. & C. F. Partana. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Perkuliahan Workshop Pendidikan Kimia untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Yogyakarta : FMIPA UNY.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.