PENGGUNAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penilaian autentik dalam pembelajaran biologi dengan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem indera manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Karangdowo, Klaten, dengan sampel peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yang didasarkan atas beberapa pertimbangan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 72,94 (pengetahuan), 2,68 (sikap), 2,80 (keterampilan) sedangkan kelas kontrol 60,31 (pengetahuan), 2,25 (sikap), 2,53 (keterampilan). Hasil ini sudah mencapai target dari penelitian, berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan, dengan nilai p value < α = 0,05. Hal ini menunjukkan penggunaan penilaian autentik dalam pembelajaran biologi dengan inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.
Â
Â
This research aims to determine the effect of the use of authentic assessment in biology with guided inquiry learning on learning achievement of students in the subject matter of human sensory system. This research is a Quasi-Experimental Design with Nonequivalent pattern control group design. The population in this research were all students of class XI SMA Negeri 1 Karangdowo, Klaten, with a sample of students of class XI IPA 4 as the experimental group and class XI IPA 3 as the control group. Samples were taken by purposive sampling technique, which is based on several considerations. The results showed that the learning achievement in the realm of knowledge, attitudes, and skills experimental class is higher than the control class. An average of experimental class learning achievement 72.94 (knowledge), 2.68 (attitude), 2.80 (skills) while the control class 60.31 (knowledge), 2.25 (attitude), 2.53 (skills). This result has already reached the target of research, based on hypothesis testing the effect, there are significant differences, with p value <α = 0.05. This shows that the use of authentic assessment in biology with guided inquiry learning positif effect on the learning achievement of students.
References
Baharuddin & E. N. Wahyuni. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Bilgin, I. 2009. The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating A Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay, 4(10):1038-1046. Tersedia di http://www.academicjournals.org/article/article1380559513_Bilgin.pdf
Bonnstetter, R.J. 2012. Learning From The Past With An Eye On The Future. Tersedia di www.unr.edu/homepage/.../bonnstetter.html
Foulds, W. 1996. The Enhancement of Science Process Skills in Primary Teacher Education Students. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 21 No 1. Tersedia di http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol21/iss1/2
Haryono, A. 2009. Authentic Assessment dan Pembelajaran Inovatif dalam Pengembangan Kemampuan Siswa. JPE-Volume 2, Nomor 1. Malang : Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan UM
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Garfindo Persada
Kusmijati, N. 2014. Penerapan Penilaian Autentik Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Hasil - Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM UMP 2014. Purwokerto : UMP
Maretasari, E., B. Subali & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal 1 (2). Tersedia di http:/journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Moon T.R., C.M. Brighton & C.M. Callahan. 2005. Development of Authentic Assessments for the Middle School Classroom. The Journal of Secondary Gifted Education Vol XVI No.2/3. Tersedia di http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ698321.pdf.
Muchtar, H. 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur. No.14/Tahun ke-9.Tersedia di http://www.bpkpenabur.or.id
Pantiwati, Y. 2011. Pengaruh Jenis Asesmen Biologi dalam Pembelajaran TPS terhadap Kemampuan Kognitif, Kritis, dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Asesmen Otentik dalam Implementasi Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandar Lampung, Januari, 29-30 2011
Rustaman, N.Y. 2006. Penilaian Otentik (Authentic Assesment) dan Penerapannya Dalam Pendidikan Sains. Bandung: FPMIPA & Sekolah Pascasarjana UPI
Saputra, A. Sri, W & Slamet, S. 2012. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Guided Inquiry di SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VIII F Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal BIO-PEDAGOGI Vol.1, No.1, Hal. 43. Tersedia di http://eprints.uns.ac.id/13223/1/Publikasi_Jurnal_(85).pdf
Yasbiati. 2010. Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. No.13. Bandung: UPI
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.