EFEKTIVITAS MEDIA SCRATCH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG
Abstract
Perkembangan teknologi komputer semakin pesat, hal ini mendorong para guru untuk lebih memilih media yang berhubungan dengan komputer. Pembelajaran Biologi menggunakan media Scratch belum banyak dilakukan, karena program Scratch termasuk program baru yang belum banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Media Interaktif Berbasis Scratch (MIBS) Materi Sel merupakan media yang dibuat menggunakan program Scratch dengan pokok bahasan materi sel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari Media Interaktif Berbasis Scratch dalam pembelajaran materi sel pada siswa di SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian ini dilakukan di SMA Teuku Umar Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian dilakukan selama 3 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan dengan menggunakan Media Interaktif Berbasis Scratch. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan pola pre-test and post-test one group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) motivasi belajar siswa masuk kategori tinggi dan sangat tinggi; (b) aktivitas siswa masuk kategori aktif dan sangat aktif; (c) peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai N gain masuk kategori sedang dan tinggi; serta (d) 90% siswa mencapai nilai KKM. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis scratch efektif digunakan dalam pembelajaran materi sel pada siswa kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang.
Â
Development of computer technology Increasing rapidly, it encourages teachers to prefer computer-related media. Biology lesson using Scratch media has not been done, because the Scratch program including a new program that has not been widely utilized in education. Interactive Media Scratch Based (MIBS) Cell Materials are media created using Scratch program on the subject of cell material. The aim in this research was to determine the effectiveness of Interactive Media Scratch Based in cell materials learning to students in Teuku Umar Semarang Senior High School. This research was conducted in Teuku Umar Semarang Senior High School in odd semester 2014-2015academic year. Research subjects in this research were students of XI class in Teuku Umar Semarang Senior High School. The research was conducted during three meetings. Each meeting is done by using Interactive Media Scratch Based. The research design used is pre-experimental with pre-test and post-test one group design patterns. The results showed that: (a) the student motivation in the high and very high category; (b) the activity of students in the active and very active category; (c) improvement of learning outcomes based on the value of N gain in the medium and high category; and (d) 90 % of students reaching the KKM. Conclusions of this research shows that Interactive Media Scratch Based effective used in cell material learning in XI class Teuku Umar Semarang Senior High School.
References
Arsyad A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Cristina, S. & Bruno, C. 2014. Learning Object for Linear System: Scratch in Mathematics. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 5 (8) : 71-81.
Darmansyah. 2007. Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategi dengan Karikatur Humor dalam Belajar Matematika. Jurnal Teknodik. 21 (1): 38-65.
Ferrer, T., Prats M.A.,and Redo, A. 2012. Impact of Scratch Programming on Students’ Understanding of Their Own Learning Process. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 46 : 1219–1223.
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdu, G. & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1) : 90-96.
Kordaki, M. 2012. Diverse Categories of Programming Learning Activities could be Performed within Scratch. Procedia-Social and Behaviour Scirnces. 46 : 1162-1166.
Martanti, A. P., Hardyanto, W., Sopyan A. 2013. Pengembangan Media Animasi Dua Dimensi Berbasis Java Scratch Materi Teori Kinetik Gas Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal. 2 (2) : 19-25.
Peppler, K. & Kafai, Y. 2007. From superGoo To Scratch: Exploring Creative Digital Media Production In Informal Learning. Learning, Media and Technology. 32 : 149-166.
Sadiman, A. S., Rahardjo R., Haryono A., & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Perkembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.
Waruwu, F. E. 2006. Belajar dan Motivasi: Bagaimana Mengembangkan Motivasi Internal. Jurnal Provitae. 2 (2): 21-26.
Winarno, B. 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.