Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding terhadap kemampuan literasi matematis siswa dan menganalisis karakteristik kemampuan literasi matematis siswa melaui pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengantipe concurrent embedded Design, Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan True experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo, Kalimantan Barat. Selanjutnya dilakukan pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding pada kelas eksperimen. Kemudian dilakukan pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan literasi matematis pada tiap sampel. Untuk memperdalam hasil penelitian dilakukan wawancara terkait karakteristik literasi matematis pada subjek yang sudah dipilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding tuntas. Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding lebih baik dari siswa pada pembelajaran ekspositori. Karakteristik kemampuan literasi matematis pada siswa kelompok atas, tengah, bawah relatife baik karena pembelajaran ini mampu memberikan hasil yang baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Pembelajaran inkuiri dengan strategi scaffolding dapat dijadikan alternatif model pembelajaran diterapkan di kelas dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi matematis.