Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan higher order thinking siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Masalah yang diteliti adalah bagaimana mendapatkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan efektif dalam implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan fokus penelitian yaitu: mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan problem based learning yang untuk meningkatkan keterampilan higher order thinking siswa dan menguji efektivitas pembelajaran di lapangan. Uji coba terbatas di lapangan dipilih subjek penelitian siswa kelas VIII MTsN Margadana Kota Tegal. Hasil penelitian menunjukkan: perangkat pembelajaran adalah valid dan efektif.

 

This study is research and development of mathematic learning instrument problem based learning approach ti improve the students’ higher order thinking ability on the subject matter of polyhedron for the VIII class. The problem to observe is how to get the effective and valid mathematic learning instrument in its implementation. This research is the Reserach and Development model with the focus: developing mathematic learning instrument on subject matter of polyhedron using problem baed learning for improving the students’ higher order thinking ability and examine the effectiveness on the field. VIII MTsN Margadana Kta Tegal is chosen as the limited field trial. The research comes into finding that: the learning instrument is valid and effective.