Abstract

Abstrak

Pengembangan perangkat pembelajaran modifikasi model 4-D  (menjadi 3D) Thiagarajan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terpadu Model Webbed dan Model Integrated bermuatan karakter yang valid, efektif  dan praktis serta mengetahui mana yang baik kedua model tersebut dalam implementasinya. Hasil: 1. Perangkat pembelajaran valid menurut validator, 2.Perangkat pembelajaran dikatakan efektif, karena 3 indikator terpenuhi, yaitu (1) TPK kedua model tersebut mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 88 Webbed dan 90 Integrated lebih besar dari KKM 68 serta mencapai ketuntasan individual lebih dari 75%, (2) aktivitas dan motivasi berpengaruh positif terhadap TPK, pengaruh aktivitas terhadap TPK  sebesar 93,3 % Webbed dan 97,1 % Integrated, pengaruh motivasi terhadap TPK sebesar 97 % Webbed dan 89 % Integrated dan secara bersama-sama sebesar 97 % Webbed dan 93 % Integrated, (3) adanya respon positif dari guru dan peserta didik. 3. Uji beda Integrated 90 dan Webbed 88,4 tetapi kedua model memilki kemampuan tidak berbeda. Saran: penelitian lanjut sampai tahap disseminate.