DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mochammad Achsan
Anggit Wicaksono

Abstract

Dampak Covid-19 menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan, salah satunya dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka, berubah menjadi pembelajaran secara daring. Kendala yang muncul dalam pembelajaran daring terhadap implementasi pembelajaran PJOK belum diketahui. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam implementasi pembelajaran PJOK secara daring. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik non probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 20 guru PJOK pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Rembang terdiri dari 55% sekolah negeri dan 45% sekolah swasta. Hasil penelitian dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran PJOK secara daring yaitu (1) 4 guru dengan persentase 20% (sangat tinggi), (2) 12 guru dengan persentase 60% (tinggi), (3) 4 guru dengan persentase 20% (cukup). Simpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar guru PJOK tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Rembang merasakan dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran PJOK secara daring dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 76,20% (kategori tinggi). Sehingga diharapkan sekolah dapat memberikan fasilitas penunjang proses pembelajaran secara daring serta guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan di bidang teknologi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Achsan, M., & Wicaksono, A. (2022). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING. Unnes Journal of Sport Sciences, 6(1), 42-51. https://doi.org/10.15294/ujoss.v6i1.52934