PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM BENTUK PILIHAN GANDA BERALASAN (POLITOMUS) DI DIY

  • F. S. Putri Pascasarjana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Yogyakarta
  • E. Istiyono Pascasarjana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Yogyakarta
  • E. Nurcahyanto Pascasarjana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda beralasan (politomus). Keterampilan berpikir kritis memuat empat aspek yaitu mengintepretasi,  menganalisis, menginferensi, dan menjelaskan yang selanjutnya diturunkan menjadi 28 indikator. Instrumen terdiri dari 50 item yang terbagi dalam 2 perangkat tes. Validasi instrumen dilakukan oleh 2 ahli pengukuran, 1 ahli pendidikan fisika, dan 1 praktisi. Instrumen telah diujicobakan pada 262 peserta didik yang tersebar di 5 SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Data politomus empat kategori dari hasil pengukuran dianalisis mengikuti Partial Credit Model (PCM) menggunakan program Quest. Seluruh item dinyatakan fit dengan model berdasarkan kriteria batas terendah dan tertinggi INFIT MNSQ 0,77 sampai dengan 1,30. Reliabilitas estimasi item sebesar 0,85 yang tergolong kategori tinggi. Tingkat kesulitan item berada pada rentang 0.00 sampai 0.24 yang berarti item dalam kategori baik karena berada di antara -2,0 sampai 2,0.

Published
2017-03-20
Section
Articles