PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN UMPAN BALIK KUIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 SEMARANG

  • Imam Ghozali Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
  • Achmad Sopyan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
  • Sunarno - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
Keywords: Learning result of physics, quiz feedback and Student Teams Achievement Division

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan  hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIII E SMP N 11 Semarang melalui pemberian umpan balik kuis dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian didesain sebagai penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data hasil belajar diambil menggunakan hasil tes formatif siswa dan sebagai data pendukung menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan kinerja peneliti, angket tanggapan siswa dan guru mengenai penerapan STAD. Berdasarkan analisis, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,00 kemudian siklus II meningkat menjadi 72,86 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,57. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I adalah 57,14%, kemudian pada siklus II sebesar 78% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 92%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan merasa senang selama proses pembelajaran. Simpulan yang dapat diambil adalah pemberian umpan balik kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 11 Semarang, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: Guru hendaknya menggunakan beberapa metode pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak mengalami kebosanan misalkan dengan permainan atau karya wisata dan pemberikan umpan balik, guru sebaiknya lebih detail dalam menuliskan komentar/saran dan jawaban pada lembar jawab agar siswa lebih memahami kekurangan dari jawabannya.

 

This research is aimed to improve the learning outcomes and to makes the students of VIII E class SMP N 11 Semarang be more active through providing the feedback quizzes with STAD cooperative learning model. The research designed as an action research carried out in 3 cycles . Each cycle includes four stages , they are : 1) Planning , 2) Implementation , 3) Observation , and 4) Reflection. The data were taken using the score of the students learning result, and the formative test results as supporting data using the students observation sheet activity and performance research, questionnaire responses of students and teachers on the implementation of STAD.Based on the analysis , the students  score average in the first cycle is 65.00. Then the second cycle score increase to 72.86 and raise again in the third cycle become 78.57. The students ability in physics are also increased. In the first cycle is 57.14% , then in the second cycle it rises 78% and increases again in the third cycle to 92% . The improvement of the students learning ability is followed by the increasing of the students active participation. Students become more active with a work groups learning and they feel more happy during the learning process . The conclusions that is taken is that the providing feedback quizzes in the STAD learning model can improve the learning result of the students 2nd semester eighth grade students of SMP N 11 Semarang, so they can get higher score than KKM. Some advices given by researcher to the teacher are: Teachers should use many various teaching methods so the students do not feel boredom, for the examples are by giving education games and by giving feedback. Teachers should give more detail comments/suggestions in the students answer sheet so they can learn from their error answers.

References

A. Francis. 2009. Effects Of Student Teams-Achievement Divisions Strategy And Mathematics Knowlegde On Learning Outcomes In Chemical Kinetics. The Journal Of International Social Research Volume 2/6 Winter 2009.

Anto, Jony. 2013. The Effect of Student Team Achievement Divisions (STAD) and Learning Motivation Toward the Students’ Reading Competence of The Eighth Year Students of SMP n 3 UBUD in The Academic Year 2012/201. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi, Eko. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMAN 3 Pemalang dengan metode Pembelajaran PROBEX (Predict-Observe-Explain) Melalui Umpan Balik Kuis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia UNNES.

Budiman, Didin. Umpan balik (feedback). Bahan Ajar Pedagogi Olahraga FPOK UPI Bandung.

C. Andrew. 2007. The Effect of Type and Timing of Feedback on Learning From Multiple-Choice Tests. Journal of Experimental Psychology: Applied.

Dat Tran, Van. 2013. Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievemen and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. Faculty of Education, La Trobe University. International Journal of Sciences.

Faiq, M. 2013. http://penelitian tindakankelas.blogspot.com/2013/02/feedback-balikan motivasi-belajar.html. diakses 20 Agustus 2013

Hanifah, Nur. 2009. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Jamur Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Media Slide Presentasi di SMA Muhammadiyah Kudus. Skripsi UNNES. Tidak dipublikasikan.

Ibrahim, Muslimin,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa.

Iqbal, Muhammad. 2010. Student Team Achievement Division (STAD) as An Active Learning Strategy: Empirical Evidence From Mathematics Classroom. Department of Education, Hazara University.

Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Jilid 1/No.2/jilid2. 2006. FMIPA Universitas Negeri Semarang

Mulyasa, Enco. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (Edisi revisi, cetakan ke4). 2007. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho U. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5 (2009): 108-112.

Rifa’i, Ahmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Santoso, Djoko. Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Rangkaian Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (Translated by Yusron, N). 2010. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Widya Karya Semarang.

Widyantini, Th. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Diknas.

Wilbert Jurgen. 2010. Effects of Evaluative Feedback on Rate of Learning and Task Motivation: An Analogue Experiment. Germany: A Contemporary Journal.

Wiyanto. Panduan Penulisan Skripsi dan Artikel Ilmiah. 2011. FMIPA UNNES

Section
Articles