PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERDASARKAN TEORI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

  • P. R. Probowening Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Achmad Sopyan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Langlang Handayani Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Learning strategy, Multiple intelligences, Learning motivation, Learning results

Abstract

Siswa dengan kecerdasan logis-matematis yang lemah biasanya mengalami kesulitan dalam memahami fisika. Pembelajaran fisika yang disesuaikan dengan kecerdasan yang dimiliki siswa perlu dikembangkan. Strategi pembelajaran berdasarkan teori kecerdasan majemuk adalah perencanaan tentang rangkaian kegiatan pembelajaran yang didesain dan disesuaikan dengan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Tujuan penelitian untuk mengembangkan strategi pembelajaran Fisika berdasarkan teori kecerdasan majemuk serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Uji keefektifan menggunakan Pre-test and Post-test One Group Design. Komponen strategi kegiatan prapengajaran terbagi menjadi empat, yaitu zona alfa, warm up, pre-teach, dan scene setting. Komponen penyampaian informasi dan partisipasi siswa disajikan secara terpadu, yaitu The Power of Two, We’re The Light, Choose The Area, dan We Can Find It Ourself. Hasil uji kelayakan menunjukkan strategi pembelajaran layak digunakan. Setelah diterapkan, strategi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

 

Students with low logic-mathematics intelligence usually have difficulty in understanding physics lesson. Physics learning that adapted the student’s intelligences need to be developed. Learning strategy based on the theory multiple intelligences is the planning about series of learning activities that designed and adapted with the student’s multiple intelligences to achieve the goals sets. The purpose of this research is to develop physics learning strategies based on theory of multiple intelligences and enchance students motivation and learning results. The method which used is Research and Development. Effectiveness test using Pre-test and Post-test One Group Design. The component of Pre teaching strategy divided into four, these are alpha zone, warm-up, pre-teach, and scene setting. The component of delivery of information and students activity presented in intregated way, these are The Power of Two, We’re The Light, Choose The Area, and We Can Find It Ourself. The feasibility test results shows that learning strategy is feasible to be used. After it applied, learning strategy can enchance student motivation and learning results.

 

References

Andronic, A.O. & R.L. Andronic. 2012. Multiple Intelligences and Learning Regarding Students – An Experimental Approach. Review of the Air Force Academy, 20 (1) : 97-102. Tersedia di www.afahc.ro/revista/Nr_1_2012/ Articol_Andronic_Andronic.pdf‎ [diakses 1 Agustus 2013].

Armstrong, T. 2004. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harianto, E. 2011. Character Bulding for Teens. Yogyakarta: Leutika Prio.

Jasmine, J. 2007. Mengajar dengan Metode Kecerdasan Majemuk. Bandung: Nuansa.

Mifzal, A. 2012. Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Yogyakarta: Javalitera.

Musrofi, M. 2010. Melesatkan Prestasi Akademik Siswa: Cara Praktis Meningkatkan Akademik Siswa Tanpa Kekerasan dan Tanpa Harus Menambah Jam Belajar. Yogyakarta: Insan Madani.

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ozdemir, P., S. Guneysu, & C. Tekkaya. 2006. Enhancing Learning Through Multiple Intelligences. Journal Biology Education, 40 (2): 74-78. Tersedia di www33.homepage.villanova.edu [diakses 11-7-2013].

Sardiman A.M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiharti, P. 2005. Penerapan Teori Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Penabur. 5/4: 29-42. Tersedia di 202.147.254.252/ files/29-42-Penerapan%20Teori%20Multiple%20Intelligence%20dalam%20 Pembelajaran%20Fisika.pdf [diakses 16-6-2011].

Uzoğlu, M & E. Büyükkasap. 2011. The Relationship Between Seventh Grade Students' Intelligence Areas and Their Academic Success in Science and Mathematics. Journal of Turkish Science Education, 8 (3): 124-137. Tersedia di http://www.tused.org [diakses 11-07-2013].

Xie, J & R. Lin. 2009. Research on Multiple Intelligences Teaching and Assesment. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, 4 (3-4) : 106-124. Tersedia di www.asia.edu.tw [diakses 25-6-2013].

Section
Articles