PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI ILMIAH

  • Ahmad Sugeng Riyadi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Mosik - - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Cooperative Learning Type Numbered Heads Together (NHT), Understanding Concepts, Scientific Comunication.

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan Fisika di SMA adalah siswa memiliki kemampuan penguasaan konsep dan prinsip Fisika serta kemampuan komunikasi ilmiah. Penguasaan konsep yang benar harus didasari pemahaman konsep yang benar. Hakikatnya pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah sangat penting dalam tujuan pendidikan Fisika di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan diskusi kelompok. Desain penelitian adalah Control Group Pre-test Post-test, dengan populasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Subah. Sampel yang dipakai adalah kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan XI IPA II sebagai  kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran diskusi kelompok. Berdasarkan hasil analisis uji gain, diperoleh pemahaman konsep kelas eksperimen meningkat 0,7 dan kelas kontrol meningkat 0,5. Hasil uji t pihak kanan menunjukan bahwa nilai thitung adalah 3,68 sedangkan nilai ttabel adalah 1,99 yang berarti bahwa hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis kemampuan komunikasi ilmiah menunjukan siswa kelas ekperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi adalah 83,98 dan 73,12. Simpulan dari penelitian ini adalah  metode pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibanding dengan pembelajaran diskusi kelompok dalam aspek kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah.

 

One of the physics educational goals in high school is the students’ ability to master the concepts and principles of physics and scientific communication skills . Mastery of the right concept must be based on the correct knowledge of the concept. Essentially, the comprehension of the concept and the nature of scientific communication is very important towards physics educational goals in high school. This study aims to determine the improvement of communication capabilities and understanding of students scientific concepts with NHT type of cooperative learning and group discussion. The study design is  a Control Group Pre - test Post - test , the population is students of XI Science SMAN 1 Subah . The sample used was a class XI Science I as an experiment class using cooperative learning NHT type and XI IPA II as a control class using common learning group discussions. Based on analysis of the test, obtained the improvement of of the experiment class understanding concept of 0.7 and 0.5 control class improvement. Ttest results showed that the right side is the value of T is 3.68 whereas the value ttable 1.99 which means that the alternative hypothesis is accepted. Based upon the analysis of scientific communication capabilities, the experiment class students showed higher results compared to the control class, with average communication skills value of 83.98 and 73.12. Conclusions from this research, the NHT cooperative learning method is better than the learning in group discussion in the capability of concept understanding and scientific communication.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas nomor 22 tahun 2006. Jakarta

Hadiyanti, R., Kusni, Suhito. 2012. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education. 1 (1): 59 – 65

Heliyah. 2011. Penerapan Strategi Action Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Ilmiah pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas VIII SMP N 6 Surakarta. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Kagan, S. 1992 .The Structural Approach to Cooperative Learning. Education Leadership.

Kartikasasmi, S. Khanafiyah, & Sutikno. 2013. Penerapan Model Pembelajaran NHT Dengan Pendekatan SETS Pada Materi Cahaya untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Unnes Physics Education Journal, 2(2): 55 – 65

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukmayasa, I.M.H., I.W. Lasmawan, & Sariyasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika . E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal [23 Januari 2014]

Winaryani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X-10 Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Wirasanti, S., P. Thomas, & R. Setiyani. 2012. Efektifitas Metode Kooperatif STAD Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Umum. Economic Education Analysis Journal, 1(1): 1 – 8

Section
Articles