PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA SMA

  • Asna Lutfa Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Sugianto - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Sulhadi - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Problem Based Learning, science process skill.

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran PBL (Problem  Based   Learning)   untuk  menumbuhkan   keterampilan proses sains pada siswa SMA . Penelitian didesain dalam bentuk true-experimental dengan   jenis   pretest-posttest   control   group design. Data diperoleh melalui metode dokumentasi, tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui kesamaan rata-rata hasil posttest dan rata-rata keterampilan proses sains  siswa,  serta  uji  gain untuk  mengetahui  peningkatan  hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat menumbuhkan keterampilan proses sains. Peningkatan  hasil belajar kognitif  kelas eksperimen  berada  pada kategori sedang dengan gain 0,53, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan gain 0,46. Keterampilan proses sains dan hasil belajar  siswa  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada yang diajar secara konvensional.

 

Students’ capability in science can be improved through scientific research. This  research  discusses  the  implementation  Problem Based Learning model to develop science process skill on students of senior high school. The type of research is true-experimental research with pretest-posttest control group design. The data are obtained through documentation, test and observation method, then analyzed  by  t-test  to  find  mean  similarity  of  students’  posttest results and science process skill values, and gain test to find improvement  of  students’  cognitive  ability. This research  shows that Problem Based Learning model can be implemented to develop science process skill. The improvement level of cognitive ability of experimental class is medium with gain score is 0,53, while the improvement level of cognitive ability of control class is medium with gain score is 0,46. Science process skill and cognitive ability of experimental class are better than science process skill and cognitive ability of control class.

References

Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10): 11-21. Tersedia di http:// www.p07jkt.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%2011-21%20Minat%20dan%20 motivasi%20belajar.pdf [diakses 2-2-2014].

Devi, P. K. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SMP. Online. Tersedia di http://www.p4tkipa.net/modul/Tahun2010/BERMUTU/MGMP/Keterampilan%20Proses%20dalam%20Pembelajaran%20 IPA.pdf [diakses 11-3-2013].

Hmelo, C. E. & Silver. 2004. Problem-Based Learning: What and How Do Stu dents Learn?. In Educational Psychology Review, 16(3): 235-266. Terse dia di http://kanagawa.lti.cs.cmu.edu/olcts09/sites/default/files/ Hmelo-Sil ver_2004.pdf [diakses 2-2-2014].

OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume 1). Online. Tersedia di http://www.oecd.org/about/publishing/Corrigendum-PISA-2012-results-volume-I.pdf [diakses 22-12-2013].

Ozgelen, S. 2012. Students’ Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. In Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(4): 283-292. Tersedia di http://www.ejmste.com/v8n4/EURA SIA_v8n4_Ozgelen.pdf [diakses 1-2-2014].

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Raine, D. & S. Symons. 2005. Possibilities a Practice Guide to Problem-based Learning in Physics and Astronomy. Online. Tersedia di http://www.heacademy.ac.uk/assets/ps/documents/practice_guides/ps0080_possibilities_problem_based_learning_in_physics_and_astronomy_mar_2005.pdf [di akses 20-1-2013].

Rifai, A. & C. T. Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Nege ri Semarang Press.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sawaludin, R. 2013. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kete rampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Skripsi. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukarno, A. Permanasari, & I. Hamidah. 2013. The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at Secondary High School (Case Study in Jambi). In International Journal of Scientific Engineering and Research, 1(1): 79-83. Tersedia di https://www.academia.edu/5320716/The_Profile_of_Science_ Process_Skill_SPS_Student_at_Secondary_High_School_Case_Study_in_ Jambi_ [diakses 3-2-2014].

Tika, I. K. & N. K. Thantris. 2008. Penerapan Problem Based Learning Berorien tasi Penilaian Kerja dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kom petensi Kerja Ilmiah Siswa. In Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 3: 684-700. Tersedia di pasca.undiksha.ac.id/images/img_ item/833.doc [diakses 27-4-2013].

Section
Articles