ANALISIS BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS XI BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS DI KABUPATEN TEGAL

  • Tri Esti Yuliyanti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Ani Rusilowati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: analysis, textbooks, scientific literacy

Abstract

Buku ajar sains sering digunakan untuk menyampaikan informasi kepada siswa dalam pembelajaran sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar Fisika berdasarkan muatan literasi sains. Dalam penelitian ini ada empat kategori literasi sains yang digunakan untuk menganalisis buku ajar sains yaitu (1) pengetahuan sains, (2) penyelidikan hakikat sains, (3) sains sebagai cara berpikir, dan (4) interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat. Objek penelitian ini adalah buku ajar Fisika SMA kelas XI. Populasi pada penelitian ini adalah semua materi pada buku ajar Fisika SMA kelas XI yang dianalisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik multistage sampling yang terdiri atas 2 tahap. Tahap pertama yaitu pemilihan bab sebanyak 20% dari setiap buku yang dianalisis dan tahap kedua adalah pemilihan halaman sebanyak 20% dari setiap bab yang dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan ketidakseimbangan proporsi kategori literasi sains yang disajikan, yaitu 69,61% untuk pengetahuan sains, 16,85% untuk penyelidikan hakikat sains, 10,22% untuk sains sebagai cara berpikir dan 3,32% untuk interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat. Sebagian besar buku ajar yang dianalisis dalam penelitian ini lebih menekankan pada pengetahuan sains yaitu menyajikan fakta, konsep, prinsip, hukum, hipotesis, teori, dan model.

 

Science textbooks are frequently used to convey a great deal of the infomation that students receive in science learning. The purpose of this study is to analysis physics textbooks using scientific literacy. There are four themes of scientific literacy have been synthesized to analyze science textbooks for this purpose: (1) the knowledge of science, (2) the investigative nature of science, (3) science as a way of thinking, and (4) interaction of science, technology and society (STS). The objects of this study are 11th grade physics textbooks. The population in this study is all material in textbooks were analysed. Sampling was done by using a multistage sampling that consist of 2 stages. The first stage is the selection of chapters as much as 20% of each book that analysed and the second stage is the selection of pages as much as 20% of each chapter are analysed. The result in this study present unbalanced profile of scientific literacy themes are provided, devoting 69,61%, 16,85%, 10,22%, and 3,32% respectively to science as knowledge, investigation, thinking, and STS. The majority of the textbooks analysed in this study emphasis on the knowledge of science which presents the facts, concepts, principles, laws, hypotheses, theories and models.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bybee, R., McCrae, B. & Laurie, R. 2009. PISA 2006 : An Assesment of Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46 (8): 865-883.

Chiappetta, E.L, Fillman, D.A, dan Sethna, G.H. 1991. A Method to Quantify Major Themes of Scientific Literacy in Science Textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28 (8): 713-725.

Chiappetta, E.L, Fillman, D.A, dan Sethna, G.H. 1993. Do Middle School Life Science Textbooks Provide a Balance of Scientific Literacy Themes?. Journal of Research in Science Teaching, 30 (2): 787–797.

Chi-Lau, K. 2009. A Critical Examination of PISA’s Assessment on Scientific Literacy. International Journal of Mathematics and Science Education, 7: 1061-1088.

Lumpe, A. T & Beck, J. 1996. A Profile of High School Biology Textbooks Using Scientific Literacy Recommendations. Journal of The American Biology Teacher, 58 (3): 147-153.

NRC (National Research Council). 1996. National Science Education Standards. Washington, DC: National Academy Press.

OECD-PISA. 2006. Assessing Scientifc, Reading and Mathematical Literacy: A Framework for PISA 2006.

OECD. 2007. PISA 2006 Science Competencies for Tomorrow’s World. Volume 1: Analysis. Paris : OECD.

Rusilowati, A. 2013. Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Pidato Pengukuhan Profesor Unnes Semarang.

Tarigan H. G. & D. Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.

Wilkinson, J. 1999. A Quantitative Analysis of Physics Textbooks for Scientific Literacy Themes. Research in Science Education, 29(3): 385-399.

Section
Articles