PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MATERI MESIN ATWOOD UNTUK SISWA SMA N 1 KRADENAN

  • Ratna Devi Cahyanti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Isa Akhlis Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: Learning media, e-books, guided inquiry

Abstract

Abstrak

SMA Negeri 1 Kradenan Kabupaten Grobogan mempunyai kelas ICT (Information and Communication Technology)yaitu kelas yang mengedepankan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.Hasil wawancara menunjukkan baru sekitar 60% guru memanfaatkan ICT pada pembelajaran di kelas dengan media slide powerpoint. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media e-book yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development), desain one shot case study. Data yang diambil adalah angket penilan oleh ahli media, ahli materi dan oleh guru serta uji keterbacaan dan hasil belajar oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan penilaian oleh ahli materi rata-rata skor 3,75 kriteria “baikâ€. Ahli media memberikan rata-rata skor 4,05 kriteria “baik†dan guru memberikan rata-rata skor 4,13 kriteria “baikâ€. Uji keterbacaan media rata-rata 89,33% yang berarti media e-book mudah dipahami oleh siswa. Hasil evaluasi yang menunjukkan keefektifan hasil belajar siswa yaitu 81,82% siswa tuntas dengan nilai ≥75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media  e-book yang dikembangkan layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Abstract

 

SMA Negeri 1 Kradenan Grobogan have class ICT (Information and Communication Technology) that emphasizes the development of technology, information, and communication. Interviews showed only about 60% of teachers utilize ICT in the classroom with powerpoint slides. The purpose of this study is to determine the feasibility of the e-books that have been developed. The method used is the R & D (research and development), one-shot case study design. The data is taken from a questionnaire assessment by media experts, material experts and by teachers and readability test and student learning outcomes. The results showed matter expert assessment by an average score of 3.75 the criteria of "good". Media expert giving an average score of 4.05 the criteria of "good" and the teacher giving an average score of 4.13 the criteria of "good". Media readability test average 89.33% which means the media e-books easily understood by students. The result of the evaluation shows the effectiveness of student learning outcomes that 81.82% of students completed with a value of ≥75. Based on the research of media e-books and developed a decent used effectively to improve student learning outcomes.

References

Baharuddin, E. & S. N. Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.

Borchers, Jan O.1999. Electronic Books: Deï¬nition, Genres, Interaction Design Patterns.Article Education and Culture DG Lifelong Learning Programme. Austria :Linz University, Austria.

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putera, P.B. 2011. eBook dan Pasar Perbukuan Kini. Jakarta: Biskom Humasristek. Terdapat di: http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/9421 [diakses pada : 28 Desember 2013 10.20]

Sa’ud, U. S. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Widodo, T. 1995. Modifikasi Tes Rumpang untuk Bahan Ajar MIPA. Semarang: Lembar Penelitian UNNES.

Section
Articles