Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Digital Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa

  • Fida Sailil Hana Unnes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan bahan ajar LKS digital berbasis STEM terhadap peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Produk akhir dari pengembangan berupa LKS digital berbasis STEM yang diimplementasikan pada siswa. Hasil penelitian diperoleh LKS digital dengan kriteria valid berdasarkan pendapat ahli dan keefektifan LKS digital berdasarkan hasil pretest-posttest, lembar pengamatan siswa diperoleh hasil uji N-gain sebesar 0,5. Adapun hasil angket siswa diperoleh persentase 87,72% dengan kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah hasil pengembangan bahan ajar layak digunakan dan respon siswa sangat baik setelah menggunakan LKS digital berbasis STEM.

Published
2023-05-30