Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Kinemaster Bermuatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor

  • Ema Chintya Permatasari Universitas Negeri Semarang
  • Arif Hermawan
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Masturi Universitas Negeri Semarang
  • Suharto Linuwih

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada analisis kebutuhan media pembelajaran yang masih sangat minim dan ketersediaaan media interaktif dalam membantu meningkatkan kemmampuan berpikir krtis yang masih rendah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu efektivitas media pembejaran audio visual berbasis kinemaster bermuatan STEM terdapat kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Penelitain ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain One Grup Pretest Posttest dengan pengambilan sampel dengan cara Random Sampling dengan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Jatibarang.  Hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada setiap indikator dengan besar ketercapaian kemampuan berpikir kritis pada rerata persentase pretest sebesar 47,80 % masuk pada kategori rendah dan mengalami peningkatan secara signifikan pada persentase  posttest sebesar 76,90 %. masuk pada kategori tinggi. Efektivitas media berdasarkan uji t didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0.05 sehingga dinyatakan berpengaruh dan signifikan N-gain sebesar 0,563 menyatakan tingkat efektivitas media pembelajarn audio visual berbasis kinemaster bermuatan STEM masuk  pada kategori cukup efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Published
2023-09-01
Section
Articles