Tinjauan Literatur Sistematis: Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Sains dengan Model Rasch
Abstract
Review artikel bertujuan untuk mengetahui trend penelitian mengenai perkembangan tes diagnostik yang dianalisis dengan menggunakan model Rasch. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Tinjauan Literatur Sistematis terkait perkembangan tes diagnostik yang dianalisis dengan model Rasch dari 26 artikel jurnal dari rentang 2011-2022 yang terindeks Scopus. Studi artikel yang dipilih adalah artikel dengan kriteria yang terdiri dari jenis publikasi, tahun publikasi, dan topik yang terkait dengan penelitian. Temuan menunjukkan bahwa telah banyak modifikasi dari perkembangan tes diagnostik. Perkembangan tes diagnostik telah sampai pada enam tingkatan yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dengan menggunakan analisis model Rasch. Berbagai materi Sains telah digunakan untuk mengungkap miskonsepsi yang dialami siswa. Materi yang mendominasi dalam penelitian terkait adalah kimia dan fisika, dan masih jarang penelitian dengan topik biologi. Analisis model Rasch dapat digunakan untuk menganalisis reliabilitas dan validitas dari butir tes diagnostik. Selain hal itu analisis model Rasch dapat digunakan untuk mengetahui atau memberikan gambaran mengenai tingkat pemahaman siswa yang dapat dilihat dari hasil pembacaan sebaran Person-Item Map. Beberapa analisis yang dilakukan dalam mereview artikel jurnal tersebut, kami menyarankan berbagai referensi untuk guru untuk dapat mengidentifikasi bentuk miskonsepsi siswa pada topik krusial dengan menggunakan tes diagnostik dan analisisnya dengan model Rasch.