Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikai Android Terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik

  • Isna Novebriana Jazirotunnisa UNNES
  • Wiyanto Wiyanto UNNES

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dapat mendukung peserta didik dalam memahami materi. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses pembelajaran salah satunya adalah media pembelajaran berbasis Smartphone. Mengingat pada era global seperti sekarang ini sebagian besar peserta didik telah memiliki dan mahir dalam menggunakan media elektronik khususnya smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Demak pada XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android tidak berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil uji hipoteis menggunakan uji t didapatkan hasil thitung lebih kecil daripada ttabel. Pemahaman peserta didik tidak hanya dipengaruhi oleh media pembelajaran, namun juga dipengaruhi oleh kemampuan matematis, kemampuan awal, minat, kebiasaan belajar, dan lingkungan kelas. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi android menunjukkan respon yang positif dengan kategori sangat baik.

Published
2023-09-01
Section
Articles