PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Sofi Alifani UNNES
  • Imam Sumpono UNNES

Abstract

Pandemi COVID-19 yang berdampak pada dunia pendidikan membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diterapkannya metode pembelajaran e-learning berbantuan media sosial Instagram terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh dari perlakuan tersebut diperoleh dengan cara melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media Instagram dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain desain control group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan nilai hasil belajar berdasarkan uji n-gain adalah sebesar 70,40% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 12,90, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran e-learning berbantuan media sosial Instagram berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil angket respon siswa yang menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran menunjukkan hasil 89% dengan kategori sangat baik.

Published
2023-09-01
Section
Articles