Hasil Analisis dan Metode Diagnosis Miskonsepsi pada Materi Hukum Newton
Abstract
Miskonsepsi memicu munculnya masalah akan rendahnya tingkat literasi sains. Artikel ini membahas hasil penelitian systematic literature review yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan metode diagnosis miskonsepsi peserta didik pada materi hukum Newton di SMA dengan cakupan data literatur tahun 2017-2021. Prosedur penelitian merujuk pada aturan Yannascoli yang meliputi defining a research question, study justification, selecting search item, inclusion and exclusion criteria, database, dan conducting and reviewing the search. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang ditemukan pada materi hukum Newton di SMA tersebar pada semua sub materi pada materi hukum Newton, yaitu gaya, hukum I Newton, hukum II Newton, hukum III Newton, gaya normal, gaya berat, gaya gesek, dan aplikasi hukum Newton, sedangkan metode yang digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi peserta didik yaitu multiple choices test, open ended questions test, multiple-tier test, dan multi-diagnostic test.