PENINGKATAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GAMIFIKASI
Abstract
Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Fisika, sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh dalam pelaksanaan pembelajaran. Perlu adanya alternatif berupa media pembelajaran berbasis gamifikasi yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan peserta didik dan kemampuan problem solving peserta didik dengan penerapan media pembelajaran Fisika berbasis gamifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teras Boyolali dengan subyek penelitian kelas XI MIPA 2 berjumlah 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) persentase peningkatan kompetensi pengetahuan dengan kategori sedang sampai tinggi pada siklus I sebesar 27,78% (Rendah) menjadi 83,33% (Sangat Tinggi) pada siklus II, (2) rata-rata nilai kemampuan problem solving peserta didik 66,67 (Kurang) pada pra siklus meningkat menjadi 82,08 (Baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 87,78 (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil wawancara dengan guru dan peserta didik juga mennyatakan bahwa dengan adanya penggunaan media pembelajaran Fisika berbasis gamifikasi peserta didik tidak merasa jenuh dan guru sangat terbantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Teras Boyolali dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fisika berbasis gamifikasi dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik dan kemampuan problem solving peserta didik.