PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMA

  • Nur - Hidayah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • - - Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Agus - Yulianto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: Guided Inquiry, Conservation Characters, Concept Comprehension, Scientific Skill.

Abstract

This research aims to know the effectiveness of increase the concept comprehension and scientific work skill of senior high school students by applying conservation character values. Based on the data analysis normalized gain test <g>, there is improvement of concept comprehension in experimental group with score 0,56 and 0,48 in control group which both scores are on medium level. It tells the improvement of concept comprehension in experimental group is higher than control group. The value <g> of scientific work skill in each group is 0,43 and 0,31. This research gives the conclution that guided inquiry learning by applying the conservation character values is effective to increase the concept comprehension and scientific work skill of senior high school students.

References

Hamalik, O. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang : Cipta Prima Nusantara Semarang.

Januar, S.H. 2012. Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Keterampilan Kerja Ilmiah untuk Mengembangkan Nilai Karakter. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran FPMIPA IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Jasmine, J. 2001. Mengajar dengan Metode Kecerdasan Majemuk: Implementasi Multiple Intelligences. Translated by Purwanto. 2007. Bandung: Nuansa.

Natalina, M., I. Mahadi, & Anisa C. S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan Progam Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung. Lampung: Universitas Lampung.

Sarwi. 2015. Pembelajaran Gelombang Open Inquiry untuk Mewujudkan Insan yang Kritis dan Berkarakter (Kamil). Naskah Pidato Pengukuhan Profesor Bidang Ilmu Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12 Maret 2015, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sarwi & Khanafiyah, S. 2010. Pengembangan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang Open-Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (2): 115-122.

Susanto, H. 2005. Penerapan Multiple Intelligences dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. (4): 67-75.

Vajoczki, S., S. Watt, M. M. Vine, & X. Liao. 2011. Inquiry: Level, Discipline, Class Size, What Matterrs?. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 5 (1): 1-13.

Wenning, C. J. 2011. A New Model for Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online, 6 (2): 1-20.

Section
Articles