KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA

  • Yunita Putri Suyanto Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Hadi Susanto Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Keywords: Predict-Observe-Explain, Critical, Creative Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penerapan strategi Predict-Observe-Explain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan desain control group pre-test post-test, sebagai populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sampel dipilih secara purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, dan lembar observasi. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari rata-rata nilai post-test dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta ketuntasan belajar. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas VIII pada pokok bahasan Tekanan daripada strategi pembelajaran eksperimen.

 

This aims of research to determine how the effectiveness of the implementation of Predict-Observe-Explain strategies to improve students' critical and creative thinking. This research used control group pre-test post-test design. The population was student grade VIII of SMP Negeri 1 Karangtengah. The sample was selected using purposive sampling. Data collected by using the documentation, test, and observation sheets method. Effective indicator in this research viewed from the average value of post-test and increase the critical and creative thinking, as well as the thoroughness of learning. The results of data analysis showed that:. Based on this research can be concluded that learning strategies Predict-Observe-Explain more effective to improve students' critical and creative thinking on the students of class VIII on pressure concept than the experimental learning strategies.

References

Amri, S & I. K. Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kearney, M., D. F. Treagust, S. Yeo, & M. G. Zadnik.(2001); Student and Teacher Perceptions of the Use of Multimedia Supported PredictObserveExplain Tasks to Probe Understanding. Research in Science Education 31: 589-615.

Liew. C. W., & D. F. Treagust. 1998. The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Tasks in Diagnosing Students Understanding of Science and In Identifying their levels of Achievement. Tesis. San Diego.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Unnes Press: Semarang.

Section
Articles