Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran jarak jauh diterapkan. Namun pembelajaran ini berdampak pada kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik sehingga menyebabkan learning loss. Ketika pembelajaran tatap muka secara terbatas diberlakukan, peserta didik kehilangan semangat belajar. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengalaman baru bagi peserta didik dalam mempelajari Narrative Text: Indonesian legend dengan Project-Based Learning melalui puppet show sehingga dapat meeningkatkan semangat belajar peserta didik selama pertemuan tatap muka terbatas. Pengabdian ini dilakukan selama empat bulan di kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Negeri 5 Semarang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebagian besar setuju dan sangat setuju terhadap nilai kebermanfaatan pengabdian. Pengimplementasian Project-Based Learning melalui puppet show dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada materi Narrative Text: Indonesian Legend menunjukan hasil yang positif dan berdampak baik terhadap peserta didik.