Abstract

Pandemi Covid-19 membuat suatu perubahan dan penyesuaian besar di berbagai sektor, salah satunya di dunia pendidikan. Pada situasi tersebut, sekolah dan para guru diharuskan untuk melakukan adaptasi, mulai dari pemutakhiran ilmu teknologi komunikasi, keterampilan menyampaikan materi, hingga strategi menyusun media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Di sisi lain, guru juga bertanggungjawab untuk berkontribusi dalam penguatan karakter anak di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat. Salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah lagu. Lagu memiliki potensi yang besar untuk menyampaikan pesan-pesan dari guru kepada para siswa dengan cara yang unik dan menarik. Pada kenyataannya, guru-guru di Sekolah Dasar masih belum familiar dengan lagu sebagai media pembelajaran. Para guru belum memiliki kompetensi yang cukup untuk menyusun sebuah lagu, khususnya yang bermuatan karakter untuk diterapkan di kegiatan belajar mengajar. Dari permasalahan tersebut, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam menciptakan lagu anak berkarakter yang dibuat dalam tiga bahasa. Lirik lagu dalam tiga bahasa atau trilingual, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa, juga memiliki tujuan tersendiri bagi anak sebagai bentuk ekspresi dan apresiasi terhadap bahasa Internasional, nasional, dan regional. Teknik menciptakan lagu anak berkarakter akan menjadi nilai tambah bagi guru serta menjadi alternatif untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif, berkarakter dan menyenangkan