Peningkatan   Literasi   Keamanan   Pangan   Jajanan   Anak  Sekolah  (PJAS)  Melalui Edukasi Interaktif : Studi Kasus

Authors

  • Sovia Desi Prodi S3 KESMAS UNNES Author
  • Henky Yoga Prasetya Universitas Negeri Semarang Author
  • Sri Erawati Universitas Negeri Semarang Author
  • Wahyu Wijanarko Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ijphn.v5i1.23952

Keywords:

Food Safety, School Children’s Snacks, Interactive Education

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang:Literasi keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS) yang masih rendah berpotensi meningkatkan risiko kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak aman. Kebiasaan memilih jajanan sehat sejak dini dapat di bangun Edukasi interaktif, terutama pada siswa Sekolah Dasar. Tujuan : Mendapatkan Gambaran data dasar di lingkungan sekolah tentang variabel yang terkait kondisi literasi yang akan digunakan untuk mengembangkan rancangan edukasi interaktif untuk meningkatkan pemahaman keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS). Metode:  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan sampel siswa kelas 4, 5, dan 6 di SDN 03 Gondosari, Kudus, sebanyak 31 orang dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil : Sebanyak 74% responden memiliki pengetahuan kategori kurang baik dan 68% bersikap kurang mendukung akan kesadaran konsumsi PJAS yang aman. Kesimpulan: Diperlukan metode edukasi interaktif yang menarik untuk menumbuhkan antusias anak didik dalam menyerap materi edukasi, dan diperlukan keterlibatan orang tua dalam proses edukasi ini agar tujuan edukasi yang paling efektif bisa dicapai.

Downloads

Published

2025-08-04

Article ID

23952

Issue

Section

Articles