Efektivitas Media Ular Tangga terhadap Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ervika Meiliana Rikiartika Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ijphn.v4i1.9649

Keywords:

Consumption of Vegetables and Fruits, Knowledge, Attitudes

Abstract

Latar Belakang: Usia anak sekolah merupakan salah satu usia yang rentan pada permasalahan rendahnya tingkat konsumsi sayur dan buah. Salah satu faktor penyebab yang dapat menjadi alasan masih tingginya prevalensi rendahnya tingkat konsumsi sayur dan buah pada anak sekolah yaitu pada tingkat pengetahuan dan sikap anak yang kurang tentang konsumsi sayur dan buah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi dengan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap konsumsi sayur dan buah pada siswa sekolah dasar di SD Wijaya Kusuma 02 Kota Semarang.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pretest-posttest kontrol group design dengan satu macam perlakuan. Variabel independen adalah penyuluhan gizi menggunakan media permainan ular tangga, sedangkan variabel dependen adalah sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Wijaya Kusuma 02 Semarang kelas IV dan V.
Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji normalitas yang telah dilakukan diperoleh bahwa pendistribusian data pada kelas 4 kelompok perlakuan mendapatkan hasil normal menggunakan uji mann whitney dan diperoleh nilai p=0,022 <α = 0,05. Pada kelas 5 kelompok perlakuan mendapatkan hasil tidak normal menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh nilai p=0,000 <α = 0,05.
Kesimpulan: Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan gizi dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat membantu meningkatkan pengetahuan siswa tentang sayur dan buah dengan adanya peningkatan terhadap mean skor pengetahuan siswa setelah intervensi dan mean difference skor pengetahuan kelompok perlakuan lebih besar dari kelompok kontrol.

Downloads

Article ID

9649

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles