Increasing Entrepreneurial Capacity Based on Digital Technology for Small Medium-sized Enterprises (SMEs)

Authors

  • Tri Suminar Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author
  • Abdul Malik Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author
  • Yudi Siswanto Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author
  • Diva Pramesti Putri Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author
  • Safira Arbella Aurell Urrofik Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author
  • Fadia Talia Salsabila Hervi Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia Author

Keywords:

branding, e-commerce, SMEs, tourism villages

Abstract

Program pemberdayaan potensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi telah dilakukan, khususnya bagi UMKM  kuliner di desa wisata Kampung Kokolaka Kecamatan Gunungpati. UMKM aktif melakukan pengembangan pengolahan kolang-kaling, sehingga menghasilkan produk baru yang sangat bervariasi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pemasaran produk masih terbatas pada pasar tradisional dan omzet penjualan yang menurun. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat anggota UMKM di Kampung Kokolaka adalah membuat branded yang menarik untuk kegiatan promosi berbantuan teknologi digital dan pemasaran produk secara online. Metode pelaksanaan pengabdian adalah pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) dan kaji tindak melalui kegiatan workshop dengan  menerapkan learning by doing. Hasil yang dicapai adalah anggota UMKM meningkatnya pengetahuan  dan praktik keterampilan menciptakan branding, pemasaran melalui media sosial tiktok, instagram dan membuka toko online shopee serta transaksi keuangan online. Manfaat kegiatan pengabdian bagi anggota UMKM kuliner adalah  meningkatnya  kemampuan mengelola wirausaha, khususnya dalam mendesain branding produk, mempromosikan produk wirausaha dan  menjual produk secara online. Dampaknya meluasnya sasaran dan pangsa pasar, omset penjualan meningkat dan penghasilan UMKM juga lebih meningkat.

Author Biographies

  • Tri Suminar, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

  • Abdul Malik, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

  • Yudi Siswanto, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

  • Diva Pramesti Putri, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

  • Safira Arbella Aurell Urrofik, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

  • Fadia Talia Salsabila Hervi, Department of Non-Formal Education, Faculty of Educational Sciences and Psychology, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Downloads

Article ID

10604

Published

2024-07-29