Increasing Entrepreneurial Capacity Based on Digital Technology for Small Medium-sized Enterprises (SMEs)
Keywords:
branding, e-commerce, SMEs, tourism villagesAbstract
Program pemberdayaan potensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi telah dilakukan, khususnya bagi UMKM kuliner di desa wisata Kampung Kokolaka Kecamatan Gunungpati. UMKM aktif melakukan pengembangan pengolahan kolang-kaling, sehingga menghasilkan produk baru yang sangat bervariasi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pemasaran produk masih terbatas pada pasar tradisional dan omzet penjualan yang menurun. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat anggota UMKM di Kampung Kokolaka adalah membuat branded yang menarik untuk kegiatan promosi berbantuan teknologi digital dan pemasaran produk secara online. Metode pelaksanaan pengabdian adalah pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) dan kaji tindak melalui kegiatan workshop dengan menerapkan learning by doing. Hasil yang dicapai adalah anggota UMKM meningkatnya pengetahuan dan praktik keterampilan menciptakan branding, pemasaran melalui media sosial tiktok, instagram dan membuka toko online shopee serta transaksi keuangan online. Manfaat kegiatan pengabdian bagi anggota UMKM kuliner adalah meningkatnya kemampuan mengelola wirausaha, khususnya dalam mendesain branding produk, mempromosikan produk wirausaha dan menjual produk secara online. Dampaknya meluasnya sasaran dan pangsa pasar, omset penjualan meningkat dan penghasilan UMKM juga lebih meningkat.