Literasi Digital dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Don Bosko Semarang
Keywords:
Literasi Digital, Pembelajaran, SosiologiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya era revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan yang sangat pesat terhadap peradaban masyarakat, salah satunya berdampak pada dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kebijakan literasi digital di SMA Don Bosko Semarang berdasarkan pada konsep yang dikemukakan oleh Mayes dan Fowler (2006) dalam Kemendikbud (2007), yaitu terdapat tiga tingkatan yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Pada tingkatan pertama, literasi digital diselenggarakan dengan melakukan pelatihan. Pada tingkatan kedua, penggunaan digital yang merujuk pada pengaplikasian dalam menjalankan tugas. Pada tingkatan ketiga, mampu berinovasi dalam menggunakan teknologi digital. 2) Implementasi literasi digital dalam pembelajaran sosiologi berjalan dengan cukup optimal. Guru mengimplementasikan literasi digital dalam pembelajaran sosiologi yaitu dengan mengajak para siswanya bergabung melalui aplikasi online, kemudian guru mempresentasikan materi globalisasi, memberikan kesempatan bertanya atau berdiskusi.