Relasi Sosial Pelaku Bisnis Online Shop di Kalangan Mahasiswa UNNES
Keywords:
Online Shop Business, Social Capital, Social Relations, StudentsAbstract
Perkembangan teknologi internet mulai merambah ke segala aspek kehidupan diantaranya dalam bidang ekonomi. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya bisnis online shop. Bisnis onine shop mulai diminati oleh mahasiswa UNNES. akan tetapi, pada realitanya tidak semua bisnis online shop yang dijalankan mahasiswa dapat bertahan. Terdapat kendala yang mengakibatkan bisnis online shop mengalami kegagalan. Relasi sosial digunakan sebagai modal sosial dalam mengatasi kendala dan mengembangkan bisnis online shop. Oleh sebab itu, relasi sosial pelaku bisnis online shop menjadi menarik diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang mahasiswa UNNES berbisnis online shop, 2) Pemanfaatan relasi sosial untuk aktivitas bisnis online shop, 3) Peranan relasi sosial dalam bisnis online shop. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis hasil penelitian menggunakan teori kapital sosial Francis Fukuyama, Coleman dan konsep keterlekatan sosial Mark Granovetter.