Agenda Setting Platform Aniesbubble dalam Mempengaruhi Opini Publik Pada Pemilihan Presiden 2024
Keywords:
Agenda Setting, Aniesbubble, Opini Publik, Media massa, Pilpres 2024Abstract
Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 lalu, banyak sekali akun atau platform yang dibuat untuk membantu menyebarluaskan kampaye dari para pasangan calon. Salah satunya adalah akun media sosial X bernama Aniesbubble. Artikel ini membahas peran platform Aniesbubble dalam membentuk opini publik, dengan menggunakan pendekatan agenda setting yang bertujuan untuk mengkaji bagaimana narasi, isu dan infromasi yang disebarluaskan mampu mempengaruhi opini publik. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aniesbubble terbukti efektif untuk mempengaruhi opini publik terhadap calon presiden Anies Baswedan, Aniesbubble secara strategis menyusun isu-isu dan menyajikannya dengan narasi yang jenaka dengan nuansa k-pop didalamnya berhasil menarik perhatian masyarakat.