Agenda Setting Platform Aniesbubble dalam Mempengaruhi Opini Publik Pada Pemilihan Presiden 2024

Authors

  • Fazarani Hasnan Afisah Universitas Negeri Semarang Author
  • Zahra Nur Fitria Universitas Negeri Semarang Author
  • Feliza Amalia Az Zahra Universitas Negeri Semarang Author
  • Naila Syakirotul Rizkiyah Universitas Negeri Semarang Author
  • Zella Nethania Simanjuntak Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Agenda Setting, Aniesbubble, Opini Publik, Media massa, Pilpres 2024

Abstract

Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 lalu, banyak sekali akun atau platform yang dibuat untuk membantu menyebarluaskan kampaye dari para pasangan calon. Salah satunya adalah akun media sosial X bernama Aniesbubble. Artikel ini membahas peran platform Aniesbubble dalam membentuk opini publik, dengan menggunakan pendekatan agenda setting yang bertujuan untuk mengkaji bagaimana narasi, isu dan infromasi yang disebarluaskan mampu mempengaruhi opini publik. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aniesbubble terbukti efektif untuk mempengaruhi opini publik terhadap calon presiden Anies Baswedan, Aniesbubble secara strategis menyusun isu-isu dan menyajikannya dengan narasi yang jenaka dengan nuansa k-pop didalamnya berhasil menarik perhatian masyarakat.

Downloads

Published

2025-03-25

Article ID

22780