Peran Keluarga dalam Era Digital untuk Membangun Fondasi Pendidikan pada Anak di Desa Dumbermulyo

Authors

  • Mufidhatul Ulya Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Keluarga, Orang Tua, Pendidikan, Smartphone, Teknologi

Abstract

Keluarga mendidik anak dengan penuh tanggung jawab dan kasih sayang. Terutama orang tua bertanggung jawab atas perkembangan dan kemajuan anak. memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anak mereka menuju tahap kehidupan bermasyarakat yang siap. Desa Sumbermulyo memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana keluarga lingkungan pedesaan menghadapi dinamika perubahan dalam pendidikan anak di era digital. Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana keluarga dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan anak secara efektif serta apa dampak dan tantangan yang dihadapi dalam penggunaan teknologi oleh orang tua dan anak di desa sumbermulyo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualtitatif merupakan metode yang digunakan dengan menganalisis menggambarkan, serta meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang sudah dikumpulkan berupa hasil wawancara atau observasi pengamatan mengenai masalah yang diteliti di lapangan. Hasil menunjukkan bahwa keluarga terutama orang tua di desa Sumbermulyo berperan aktif dalam kegiatan belajar anak-anak di era digital. Serta terdapat beberapa dampak positif dan negatif yang dihadapi. Dan tantangan yang dihadapi para orang tua harus selalu memantau anak mereka ketika menggunakan smartphone. Keluarga dapat membantu anak-anak memanfaatkan era digital untuk mencapai potensi pendidikan secara maksimal.

Downloads

Published

2025-10-18

Article ID

34491