The Use of E-Modules to Enhance Students’ Cognitive Achievement in Understanding Milling Machine Components

Authors

  • Imam Fitrah Hadi Universitas Negeri Semarang Author
  • Muhammad Khumaedi Department of Mechanical Engineering, Universitas Negeri Semarang Sekaran, Gunung Pati, Semarang, 50299, Indonesia Author
  • Kriswanto Department of Mechanical Engineering, Universitas Negeri Semarang Sekaran, Gunung Pati, Semarang, 50299, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jptm.v25i1.28532

Keywords:

module, milling machine, cognitive learning, instructional media development, R&D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi keefektifan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan komponen mesin frais. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Studi Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Semarang. Instrumen pengumpulan data meliputi soal pretest dan posttest, lembar validasi ahli materi dan media, serta angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah menggunakan e-modul, dibuktikan dengan selisih skor pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji-t. Rata-rata skor N-Gain menunjukkan adanya peningkatan yang cukup. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan e-modul tergolong sangat positif. Oleh karena itu, e-modul dianggap efektif sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang komponen mesin frais. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan e-modul sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan kejuruan.

Downloads

Published

2025-06-30

Article ID

28532

Issue

Section

Articles