KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE KARYA LUKIS SILVIE MAHDAL "THE GARDEN OF SELF-LOVE"

SEMIOTIC STUDY OF CHARLES SANDERS PEIRCE'S PAINTING SILVIE MAHDAL "THE GARDEN OF SELF-LOVE"

Authors

Keywords:

Semiotics, Self-love, Silvie Mahdal,

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan Semiotika Charles Sanders Peirce oada sebuah Karya Lukis dari Silvie Mahdal “The Garden of Self-love”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai makna semiotik sesuai teori Charles Sanders Peirce yang terdapat pada salah satu lukisan seniman bernama Silvie Mahdal “The Garden of Self-love”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena secara keseluruhan menjelaskan bagaimana proses pembentukan tanda dan pemaknaan tanda-tanda yang ada melalui pendekatan semantic pada karya ini. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan atau makna yang akan disampaikan dalam bentuk gagasan karya seni lukis ini mengenai cinta diri atau self-love yang seharusnya dilakukan di kehidupan sehari-hari agar lebih mengerti, menerima dan menghormati dirinya sendiri serta merasakan dampak positif dari cinta diri. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap tanda yang terdapat pada lukisan berdasarkan warna, arsir dan gelap terang memiliki makna sesuai dengan cinta diri. Tanda-tanda dan pesan tersirat yang ada pada karya seni tersebut menurut penulis tergambarkan dan tersampaikan dengan baik, ditambah pengalaman estetis yang diberikan dengan sentuhan realisme khas Silvie Mahdal menjadikannya mudah dan menyenangkan untuk diterima oleh khalayak.

ABSTRACT

This study uses Charles Sanders Peirce's semiotics on Silvie Mahdal's painting "The Garden of Self-love". This research aims to find out and provide information about the semiotic meaning according to Charles Sanders Peirce's theory found in one of Silvie Mahdal's paintings "The Garden of Self-love". The method used in this research is the descriptive qualitative method because it explains how the process of sign formation and the meaning of existing signs through a semantic approach in this work. The data used is secondary data. The results of this research show that the message or meaning that will be conveyed in the form of the idea of this painting is about self-love or self-love that should be done in everyday life to understand better, accept and respect themselves and feel the positive impact of self-love. Based on this research, every sign in the painting based on color, shading and light darkness has a meaning following self-love. According to the author, the signs and implied messages in the artwork are well depicted and conveyed, plus the aesthetic experience provided with a touch of realism typical of Silvie Mahdal makes it easy and fun to be accepted by the audience.

Downloads

Article ID

1030

Published

2024-05-01

Issue

Section

Articles