PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BUKU CERITA BERGAMBAR “RAUNGAN MIRAH” KISAH HEROIK SINGA BETINA DARI MARUNDA
DOI:
https://doi.org/10.15294/arty.v13iSpecial.11930Keywords:
Perancangan Media Promosi, Buku Cerita Bergambar, Cerita Rakyat, Raungan Mirah, Identitas VisualAbstract
Cerita rakyat “Raungan Mirah” Kisah Heroik Singa Betina dari Marunda merupakan narasi budaya yang penting dan memiliki potensi besar untuk menginspirasi pembaca muda, terutama anak perempuan, melalui penekanan pada keberanian dan ketangguhan karakter perempuan. Perancangan media promosi buku cerita bergambar “Raungan Mirah” Kisah Heroik Singa Betina dari Marunda bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat baca anak-anak terhadap cerita rakyat Betawi, dengan fokus pada penggambaran sosok perempuan tangguh yang inspiratif. Melalui strategi promosi yang mencakup berbagai media seperti identitas visual, merchandise, dan materi promosi cetak, penelitian ini menemukan bahwa desain yang konsisten dan kreatif mampu menarik minat audiens muda dan memperkenalkan mereka pada nilai-nilai budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan media promosi ini dalam membangun kesadaran terhadap buku "Raungan Mirah" dan menginspirasi pembacanya.