Peranan Analisis Elemen Logo dan Visual Identitas dalam Pembangunan Brand: Studi Kasus Aksara Buana

Authors

  • Muhammad Anindya Suryo Adiningrat Pradita University Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/arty.v13iSpecial.14275

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Logo adalah bagian dari visual identitas yang dimana sebagai penanda dari merek atau brand perusahaan tersebut. Kita ketahui orang di masa lampau sudah menggunakan logo sebagai alat beribadah dan bersembahyang. Selain itu logo juga dipakai sebagai penabda keluarga dan lalu dipakai di perusahaan untuk brand dan merek mereka. Disini logo beririsan dengan visual identitas karena tannpa visual identitas logo maupu company profile tidak bisa dibuat sesuai kemauan client. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa elemen elemen logo yang dipakai dalam logo Aksara Buana selain itu pentingnya kosistensi dan juga keselarasan yang dimana menciptakan brand butuh visual yang dapat diingat audiens. Dalam penelitian ini juga menemukan bahwa desain modern lebih mengutamakan kesederhanaan dan fleksibilitas dalam pemakaian di berbagai platform.

Abstract

___________________________________________________________________

A logo is part of a visual identity which is a marker of the company's brand. We know that people in the past have used logos as a means of worship and prayer. In addition, the logo is also used as a family marker and then used in the company for their brand and brand. Here the logo intersects with visual identity because without a visual identity, the logo or company profile cannot be made according to the client's wishes. This study aims to analyze the elements of the logo used in the Aksara Buana logo in addition to the importance of consistency and harmony which create a brand that needs visuals that can be remembered by the audience. This study also found that modern design prioritizes simplicity and flexibility in use on various platforms.

Downloads

Published

2025-06-17

Article ID

14275