KELEBIHAN PERMAINAN KARTU EDUKASI TENTANG ALAT MUSIK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PRA-REMAJA

ADVANTAGES OF AUGMENTED REALITY-BASED EDUCATIONAL CARD GAME ABOUT MUSICAL INSTRUMENTS FOR PRE-TEENS

Authors

  • Wyatt Kyle Orleans Universitas Pradita Author

Keywords:

Augment Reality, Pembelajaran, Permainan, Kartu edukasi

Abstract

Permainan kartu berbasis augmented reality (AR) untuk pembelajaran alat musik merupakan inovasi pendidikan yang menarik bagi anak pra-remaja. Penelitiannya bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan permainan kartu AR yang membuat pembelajaran alat musik menjadi lebih interaktif melalui pengalaman. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, desain game, pengembangan aplikasi AR, dan evaluasi hasil. Game ini dirancang untuk membantu anak-anak pra-remaja belajar tentang berbagai alat musik dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Peta permainan dapat dilihat oleh pemain melalui penggunaan teknologi AR, yang menciptakan representasi tiga dimensi yang realistis dari perangkat mereka di layar. Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan fitur interaktif seperti: Informasi tambahan tentang sejarah, gaya permainan, dan genre musik yang umum digunakan dengan instrumen ini. Ulasan awal menunjukkan reaksi positif terhadap game ini dari kalangan anak muda. Mereka menunjukkan minat yang besar dalam mempelajari instrumen dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Selain itu, permainan ini mendorong permainan kooperatif, meningkatkan keterlibatan sosial dan kerja tim. Singkatnya, permainan kartu flash alat musik berbasis AR adalah alat pembelajaran yang menjanjikan, efektif, dan menarik untuk pra-remaja. Diperlukan pengembangan dan penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas kinerja dan dampaknya terhadap pemahaman dan minat mempelajari suatu instrumen.

Downloads

Article ID

3522

Published

2024-05-01

Issue

Section

Articles