ECOPRINT SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS IV SD 3 KARANGMALANG.

Authors

  • Ade Yolla Dliaul Aulia Yolla Universitas Muria Kudus Author

Keywords:

Ecoprint, Media Ekspresi, Pembelajaran Seni Budaya, Teknik Pounding

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil karya ecoprint baik dari segi warna, tekstur dan bentuk yang dihasilkan siswa sebagai media ekspresi dalam pembelajaran seni budaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 3 Karangmalang yang berjumlah 24 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah proses dan hasil karya ecoprint dari siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, praktik berkarya, wawancara dan dokumentasi berupa foto dan video. Teknik analisis datanya menggunakan seleksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna yang dihasilkan berupa warna alami dari tumbuhan yang digunakan, tekstur yang dihasilkan berupa tekstur semu dan bentuk yang dihasilkan berupa bentuk alami dari tumbuhan yang digunakan. Selain itu, teknik ecoprint sangat cocok digunakan dalam upaya memberikan pembelajaran seni rupa yang menarik bagi siswa terutama dalam mengekspresikan berbagai bentuk, warna dan tekstur dari tumbuhan alami disekitar.

Downloads

Article ID

8804

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles