Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Prototipe Autonomous Car untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Perancangan Sistem Kontrol Kendaraan (PSKK) di SMK Ma’arif Salam Magelang

Authors

  • Afif Wijaya Universitas Negeri Semarang Author
  • Ahmad Roziqin Universitas Negeri Semarang Author
  • Ranu Iskandar Universitas Negeri Semarang Author
  • Lelu Dina Apristia Universitas Negeri Semarang Author

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui pembuatan prototipe autonomous car terhadap keaktifan siswa. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan persoalan masalah dengan membimbing peserta didik untuk membuat atau melaksanakan proyek yang dikerjakan secara mandiri atau kelompok kemudian hasilnya dipresentasikan di depan kelas dengan tujuan mempermudah siswa dalam proses pemahaman serta penyerapan teori yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model spiral refleksi diri yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Ototronik SMK Ma’arif Salam Magelang dengan jumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75% peserta didik terlibat aktif dalam indikator keaktifan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol Kendaraan. Peningkatan terjadi dari siklus I dengan persentase 62%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 20% hingga keaktifan siswa menjadi 78%. Peningkatan mencakup seluruh indikator keaktifan, yaitu visual, oral, listening, writing, motor, mental, dan emotional activities.

Downloads

Published

2025-12-24

Article ID

29828