PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER DENGAN VARIASI WAKTU PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA SCOOPY ESP 2017
Abstract
Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menurunkan performa mesin. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas bahan bakar sehingga performa tidak menurun yaitu dengan menambahkan zat aditif octane booster serta diiringi dengan penyesuaian waktu pengapian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan zat aditif octane booster pada bahan bakar pertalite dengan variasi waktu pengapian pada mesin Honda Scoopy ESP 2017 terhadap torsi dan daya. Zat aditif octane booster yang digunakan merupakan produk dari STP yang kemudian dicampur dengan pertalite dengan komposisi campuran 1 liter pertalite dan 0 ml, 3 ml, 5ml. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design, variable bebas dalam penelitian ini yaitu variasi campuran bahan bakar pertalite dengan zat aditif octane booster dan variasi waktu pengapian. Data penelitian diambil pada putaran mesin 3000 rpm, 4000 rpm, 5000 rpm, 7000 rpm, dan 8000 rpm dilakukan dua kali setiap variasi campuran bahan bakar pertalite dengan zat aditif octane booster dan variasi waktu pengapian, pengujian torsi dan daya dilakukan pada alat dynamometer. Hasil penelitian menunjukkan seiring bertambahnya komposisi zat aditif octane booster membuat nilai torsi dan daya yang dihasilkan semakin meningkat. Torsi tertinggi didapat pada variasi campuran bahan bakar pertalite dengan 3 ml zat aditif octane booster pada waktu pengapian standar pada putaran mesin 6000 rpm dengan nilai torsi yang dihasilkan sebesar 10.83 N.m. Daya tertinggi didapat pada variasi campuran bahan bakar pertalite dengan 5 ml zat aditif octane booster pada waktu pengapian 9° pada putaran mesin 7000 rpm dengan nilai torsi yang dihasilkan sebesar 9.4 HP.