PENGARUH ABSORBING MATERIAL DAN DESAIN PERFORATED TUBEUNTUK MENURUNKAN EMISI GAS BUANG DAN NOISE (KEBISINGAN)

Authors

  • Irfan Nur Rochman Irfan Nur Rochman Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Absorbing Material, Perforated Tube, Noise, Exhaust Gas Emissions

Abstract

Abstrak
Kendaraan bermotor termasuk sepeda motor merupakan penyumbang terbesar polusi udara di Indonesia. Tingkat
kebisingan kendaraan bermotor dapat diturunkan dengan bahan yang dapat menyerap suara ledakan dalam
silinder sebelum dilepaskan ke udara bebas yaitu glass wool, stainless wool, dan fiber glass. Kenyataan di lapangan
banyak penggunaan knalpot free flow dan belum adanya absorbing material yang dapat meredam suara sekaligus
menurunkan emisi gas buang. Sehingga hal tersebut mengakibatkan meningkatnya emisi gas buang dan noise atau
kebisingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif
untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan absorbing material dan desain perforated tube untuk menurunkan
emisi gas buang dan noise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) knalpot high performance low noise pada
kendaraan Yamaha Vixion 150 menggunakan stainlesswool dapat lebih baik menurunkan emisi yang dihasilkan
sebesar 1,6 % jika dibandingkan dengan knalpot standar pada saat putaran mesin berada pada 3000 Rpm.
Sedangkan pada penelitian ini, knalpot high performance low noise pada kendaraan Yamaha Vixion 150
menggunakan glasswool dapat lebih baik menurunkan emisi HC yang dihasilkan sebesar 1097 ppm jika
dibandingkan dengan knalpot standar pada saat putaran mesin berada pada 5000 Rpm. (2) Pada knalpot conical
high performance low noise yang dipasang absorber fiberglass pada kendaraan Yamaha vixion 150 lebih baik meredam
suara knalpot yang dihasilkan oleh kendaraan pada saat exhaust jika dibandingkan dengan absorber jenis lain.

Abstract
Motorized vehicles including motorcycles are the largest contributor to air pollution in Indonesia. The noise level of motor
vehicles can be reduced with materials that can absorb the sound of explosions in the cylinder before being released into free air,
namely glass wool, stainless wool, and glass fiber. The reality in the field is that there are many uses of free flow exhaust and
there is no absorbing material that can reduce sound while reducing exhaust emissions. So that this results in increased exhaust
emissions and noise or noise. This study uses an experimental research method with a descriptive quantitative approach to
determine the effect of the use of absorbing material and perforated tube design to reduce exhaust emissions and noise. The
results showed that (1) high performance low noise exhaust on Yamaha Vixion 150 vehicles using stainlesswool can better
reduce the emissions produced by 1.6% when compared to the standard exhaust when the engine speed is at 3000 Rpm. While
in this study, the high performance low noise exhaust on Yamaha Vixion 150 vehicles using glasswool can better reduce HC
emissions produced by 1097 ppm when compared to the standard exhaust when the engine speed is at 5000 Rpm. (2) In the
high performance low noise conical exhaust installed fiberglass absorber on Yamaha vixion 150 vehicle better muffles the
exhaust sound that is generated.

Published

2025-12-03

Article ID

8164