Pengaruh Variasi Konstanta Pegas Kopling Ganda Racing Dan Kampas Ganda Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Matic 110 CC

Authors

  • Layinul Janib Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Konstanta Pegas, Kampas Ganda, Torsi, Daya, Komposisi Terbaik

Abstract

Sepeda motor matic adalah salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat sehingga timbul tuntutan untuk menaikkan performanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konstanta pegas kopling ganda racing dan kampas ganda terhadap torsi dan daya sepeda motor matic 110 cc, dengan bahan bakar pertamax oktan 92. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltitian eksperimental dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengujian torsi dan daya pada setiap variasi konstanta pegas kopling ganda dan kampas ganda dilakukan sebanyak 3 kali pada setiap variasi putaran mesin (RPM). Variasi yang digunakan pegas kopling ganda standar (24,6 N/mm), 1000 rpm (71,4 N/mm), 1500 rpm (93,2 N/mm), dan 2000 rpm (146,2 N/mm), kampas ganda standar dan kampas ganda ulir memperoleh torsi tertinggi 12,03 Nm pada variasi konstanta pegas kopling ganda 146,2 N/mm dan kampas ganda ulir. Nilai daya yang diperoleh tertinggi 9.05 HP pada variasi konstanta pegas kopling ganda 93,2 N/mm dan kampas ganda ulir. Untuk komposisi terbaik kendaraan dalam sehari-hari menggunakan variasi konstanta pegas kopling ganda 93,2 N/mm dan kampas ganda ulir.

Automatic motorbikes are one of the vehicles in great demand by the public, so there is a demand to increase their performance. This research aims to determine the effect of variations in the spring constant of a racing double clutch and double lining on the torque and power of a 110 cc automatic motorbike, with 92-octane Pertamax fuel. The method used in this research is experimental research using descriptive analysis. Torque and power testing for each variation of the double clutch spring constant and double lining was carried out 3 times for each variation of engine speed (RPM). The variations used are standard double clutch springs (24.6 N/mm), 1000 rpm (71.4 N/mm), 1500 rpm (93.2 N/mm), and 2000 rpm (146.2 N/mm), standard double lining and double threaded lining obtain the highest torque of 12.03 Nm at a variation of the double clutch spring constant of 146.2 N/mm and double lining thread. The highest power value obtained was 9.05 HP with variations in the double clutch spring constant of 93.2 N/mm and double threaded lining. For the best composition in everyday vehicles, it uses a variation of the double clutch spring constant of 93.2 N/mm and double threaded lining.

Downloads

Published

2025-12-03

Article ID

9073