PENGARUH MODIFIKASI KNALPOT MENGGUNAKAN GLASSWOOL DAN ROCKWOOL TERHADAP KEBISINGAN SUARA MESIN DIESEL SATU SILINDER

Authors

  • Rachmad Hidayat Universitas Negeri Semarang Author
  • Angga Septiyanto, S.Pd., M.T. Author

Keywords:

Kebisingan Suara, Glasswool, Rockwool, Mesin Diesel Satu Silinder

Abstract

Dengan adanya penelitian ini tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui pengaruh modifikasi knalpot terhadap kebisingan pada mesin diesel satu silinder dan juga pengaruh glasswool dan rockwool terhadap kebisingan suara mesin diesel satu silinder. Metode penelitian eksperimen ini dapat diartikan untuk mencari pengaruh variabel terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiyono 2017). Hal tersebut sejalan dengan apa yang dilakukan peneliti, yaitu mencari apakah ada pengaruh dari glasswool dan rockwool pada kebisingan pada mesin diesel satu silinder. Hasil pengujian terhadap kebisingan mesin diesel satu silinder menggunakan knalpot modifikasi pada pengunaan rockwool 100% dapat menghasilkan tingkat kebisingan rata-rata sebesar 84,2 dB, mampu menurunkan nilai kebisingan sebesar 5,2 %. Terhadap kebisingan mesin diesel satu silinder menggunakan knalpot modifikasi pada pengunaan glasswool 100% dapat menghasilkan tingkat kebisingan rata-rata sebesar 83,2 dB, mampu menurunkan nilai kebisingan sebesar 6,4 %. Sedangkan pada campuran bahan peredam yang terbaik yaitu pada campuran rockwool 20% dan glasswool 80% memperoleh hasil 82,9 dB mampu menurungkan tingkat kebisingan sebesar 3,9% dari nilai pengujian knalpot modifikasi tanpa bahan peredam.

Downloads

Published

2025-12-03

Article ID

9317