Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Dengan Praktik Lapangan Persekolahan Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.15294/baej.v6i1.11083Keywords:
Teacher Professional Perceptions, Self-Efficacy, Family Environment, on Interest in Becoming a Teacher, School Field PracticesAbstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 346 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 107 siswa dengan kriteria mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 yang telah mengikuti Pengenlana Lapangan Persekolahan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru. Efikasi diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini tidak menemukan adanya peran PLP dalam memoderasi pengaruh persepsi profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa H1 dan H3 diterima, lalu H2, H4, H5, H5 tolak.
This research approach uses a quantitative approach. The research population was students from the 2019 Accounting Education Study Program at Semarang State University, totaling 346 students. The sampling technique used a purposive sampling technique with a total sample of 107 students with the criteria of being active Economic Education students class of 2019 who had taken part in the School Field Experience. Data collection techniques by distributing questionnaires. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis and multiple linear regression using IBM SPSS 24. The results of this research indicate that perceptions of the teaching profession and family environment have a significant positive effect on interest in becoming a teacher. Self-efficacy does not significantly influence interest in becoming a teacher. This research did not find a role for PLP in moderating the influence of perceptions of the teaching profession, self-efficacy, and family environment on interest in becoming a teacher. Based on the research results, it can be concluded that H1 and H3 are accepted while H2, H4, H5, H5 are rejected.