Pengaruh Kemampuan Kerja Sama, Komunikasi, dan Berpikir Kritis terhadap Kesiapan Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v5i3.11802

Keywords:

Communication Skills, Critical Thingking Skills, On the Job Training Readiness, Team Work Skills

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan mata pelajaran praktik di SMK yang dilakukan dengan bekerja langsung di dunia industri. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan skills khusus terutama soft skills yang mana tidak diajarkan secara langsung di sekolah. Dengan demikian, diperlukan kersiapan soft skills yang baik guna menunjang PKL siswa AKL khususnya soft skills Profesi Akuntan. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh: (1) Kemampuan Kerja Sama terhadap Kesiapan PKL. (2) Kemampuan Komunikasi terhadap Kesiapan PKL. (3) Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kesiapan PKL. (4) Kemampuan Kerja Sama, Komunikasi, dan Berpikir Kritis terhadap Kesiapan PKL siswa kelas XI AKL SMKN 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Magelang dengan populasi sebanyak 108 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Kerja Sama terhadap Kesiapan PKL sebesar 43,4%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Komunikasi terhadap Kesiapan PKL sebesar 38,7%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kesiapan PKL sebesar 55,0%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemampuan Kerja Sama, Komunikasi, dan Berpikir Kritis Terhadap Kesiapan PKL sebesar 64,1%.

Author Biography

  • Arif Rahman Hakim, Universitas Negeri Yogyakarta

    Staff Pengajar Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2025-02-11

Article ID

11802