Pengaruh Pembelajaran Daring, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran FEB Unnes 2020)

Authors

  • Wildan Afrizal Unnes Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v5i3.11811

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna mengetahui pengaruh pembelajaran daring, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemi. Pengumpulan data diberlakukan dengan pengaplikasian kuesioner online melalui google form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi administrasi perkantoran FEB UNNES 2020 sebanyak 111 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang dimanfaatkan pada penelitian ini ialah dengan mempergunakan teknik solvin yaitu 86 responden. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan dengan alat analisis SmartPls Versi 4.0. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar, berbeda dengan variabel lingkungan belajar dan juga variabel motivasi belajar yang tidak berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar menambahkan atau merubah variabel lain untuk menguji bagaimana variabel lain dapat secara signifikan mempengaruhi minat belajar

Downloads

Published

2025-02-11

Article ID

11811