Pengaruh Dukungan Orang Tua, Kesejahteraan Guru, dan Program Pengalaman Lapangan Terhadap Minat Profesi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Authors

  • Yohana Setyani Universitas Negeri Semarang Author
  • Fahrur Rozi Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v6i1.11987

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh

dukungan orang tua, kesejahteraan guru, dan praktik pengalaman

lapangan (PPL) terhadap minat profesi guru pada mahasiswa

Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam

penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017

dan 2018 sebanyak 605 mahasiswa yang terdiri dari tiga jurusan

yaitu Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Koperasi,

dan Pendidikan Akuntansi. Penentuan jumlah sampel menggunakan

rumus Slovin sehingga diperoleh 241 mahasiswa. Teknik

pengambilan sampel menggunakan Proptionate Cluster Sampling

yaitu pengambilan sampel secara acak dengan melihat proporsi pada

tiap angkatan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner

dan teknik dokumentansi. Teknik analisis data menggunakan

analisis deskriptif dan regresi berganda dengan bantuan program

aplikasi IMB SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara

simultan dukungan orang tua, kesejahteraan guru, dan praktik

pengalaman lapangan berpengaruh terhadap minat profesi guru

(55,5%). Secara parsial, dukungan orang tua berpengaruh positif dan

signifikan terhadap minat profesi guru (30,03%), kesejahteraan guru

berpengaruh (6,66%), dan praktik pengalaman lapangan (8,82%).

Simpulan penelitian terdapat pengaruh secara simultan dan parsial

dukungan orang tua, kesejahteraan guru, dan praktik pengalaman

lapangan terhadap minat profesi guru pada mahasiswa Pendidikan

Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 dan 2018.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini hendaknya mahasiswa

meningkatkan minatnya untuk berprofesi guru dengan

memperbanyak wawasan dan mengikuti perkembangan informasi

profesi keguruan serta memaksimalkan pelatihan dalam program

praktik pengalaman lapangan. Mahasiswa juga diharapkan dapat

menjalin hubungan yang harmonis dengan keluarga, kampus, dan

sekolah mitra kampus.

 

The purpose of this research is to determine the parental support,

teacher welfare, and practice field experience (PPL) of the interest

teacher profession in students of Economic Education Universitas

Negeri Semarang. The population in this study were students of

2017 and 2018 Economic Education, totaling 605 students from

three majors, Office Administration Education, Cooperative

Education, and Accounting Education. Determination of the number

of samples using the Slovin formula to obtain 241 students. The

sampling technique used Proptionate Cluster Sampling, namely

random sampling by looking at the proportion in each batch. Data

collection methods used questionnaires and documentation

techniques. Data analysis technique used descriptive analysis and

multiple regression with IMB SPSS 22 application program. The

result showed that simultaneously parentel support, teacher welfare,

and practice field experience influenced the interest teacher

profession (55,5%). Partially, parental support has a positive and

significant effect on interest teacher profession (30,03%), teacher

welfare has a effect (6,66%), and practice field experience has a

effect (8,82%). The study concludes that there is a simultaneous and

partial influence of the parental support, teacher welfare, and

practice field experience of the interest teacher profession in

students of Economic Education Universitas Negeri Semarang batch

of 2017 and 2018. The advice given in this study is that students

increase their interest in trh teacher profession by increasing insight

and follow the development of information on the teacher profession

and maximize training in practice field experience programs.

Students are also expected to be able to establish harmonious

relationships with campus families and campus partner schools.

Downloads

Published

2025-06-16

Article ID

11987