Website Perguruan Tinggi sebagai Komponen Sistem Informasi Administrasi Perkantoran: Analisis Kualitas Menggunakan Webqual 4.0

Authors

  • Aulia Prima Kharismaputra Universitas Negeri Semarang Author
  • Ahmad Saeroji Universitas Negeri Semarang Author
  • Elen Pramudita Rahma Wardani Universitas Negeri Semarang Author
  • Nidaul Fahrina Universitas Negeri Semarang Author
  • Rio Refanda Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v6i1.14450

Keywords:

Teknologi, Sistem Informasi, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website perguruan tinggi dalam mendukung sistem informasi administrasi perkantoran di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNNES menggunakan metode Webqual 4.0. Penelitian ini menganalisis tiga variabel utama yaitu usability, information quality, dan service interaction quality. Populasi penelitian yaitu pengunjung website FEB UNNES. Sampel penelitian menggunakan teknik accidental random sampling.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan website FEB UNNES sudah cukup baik namun masih perlu perbaikan. Dengan hasil perhitungan tingkat kesesuaian (TKi) sebesar 92,22% dan hasil GAP Analysis sebesar -0,35 yang menunjukkan bahwa tingkat kinerja website FEB UNNES masih dibawah harapan. Pengelola website perlu melakukan evaluasi berkala dan pengembangan konten serta fitur yang lebih relevan dengan kebutuhan administrasi perkantoran, seperti kemudahan akses informasi akademik, layanan administrasi online, dan sistem komunikasi terpadu.

Downloads

Published

2025-06-16

Article ID

14450