Pengaruh Motivasi Belajar dan Ekspektasi Karir Terhadap Intensi Melanjutkan Studi Lanjut dengan Status Sosial Ekonomi Orang Tua sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Eka Susanti Universitas Negeri Semarang Author
  • Teguh Hardi Raharjo Universitas Negeri Semarang Author
  • Isfie Sallsa Billa Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v6i1.20097

Keywords:

Learning Motivation, Career Expectations, Intention to Continue Further Study, Socio-Economic Status of Parents

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi belajar dan ekspektasi karir (variabel independen) terhadap intensi melanjutkan studi lanjut (variabel dependen), dengan status sosial ekonomi orang tua sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian terdiri dari 381 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 di Universitas Negeri Semarang, dengan 160 responden dipilih melalui Proportionate Random Sampling. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model valid dan reliabilitas konstruk layak. Motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap intensi melanjutkan studi lanjut, sementara ekspektasi karir memberikan pengaruh positif paling tinggi sebesar 70,9%. Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap intensi studi lanjut (19,9%), dan moderasi ekspektasi karir meningkatkan pengaruh menjadi 36,9%. Sebaliknya, moderasi motivasi belajar menghasilkan nilai negatif (-17%) dan tidak signifikan. Dari lima hipotesis, tiga diterima dan dua ditolak

Downloads

Published

2025-06-16

Article ID

20097