Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA 1 Kudus (Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi)

Authors

  • Vinasya Adella Ahyuni Universitas Negeri Semarang Author
  • Jarot Tri Bowo Santoso Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v5i1.5811

Keywords:

Implementation, Independent Curriculum, Economic Learning

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum terbaru dari sistem pendidikan di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pembelajaran dengan basis Kurikulum Merdeka di desain agar peserta didik lebih aktif dan pembelajaran terpusat pada peserta didik. Kurikulum Merdeka yang masih baru dalam mengimplementasikannya ini sehingga masih banyak yang harus diperbaiki maka tujuan penelitian ini bertujuan untuk: (1)  untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di SMA 1 Kudus dan (2) untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran ekonomi di kelas berbasis Kurikulum Merdeka di SMA 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, kemudian menyajikan data untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap kesiapan SMA 1 Kudus dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka cenderung berada pada tahap kesiapan mahir dan sudah sesuai dengan arahan dan panduan dari pemerintah, meskipun masih ada kekurangan dalam proses pelaksanaannya. Kemudian, konsep pembelajaran ekonomi di kelas XI yang sudah berbasis Kurikulum Merdeka juga telah dilakukan dengan metode student center learning, akan tetapi dalam pelaksanaan pembelajarannya harus dilakukan pengembangan media pembelajaran di kelas agar lebih bervariasi. Simpulan penelitian ini adalah SMA 1 Kudus sudah cukup baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka meskipun dalam pelaksanaannya harus terus dilakukan perbaikan dalam beberapa aspek.

Downloads

Article ID

5811

Published

2024-07-22